Profile

Join date: Oct 15, 2022

About

10 Makanan Ciri khas Jawa Barat Yang Harus Kamu Coba!



Jawa Barat sebagai propinsi di Indonesia yang mempunyai keberagaman budaya dalam beragam faktor terhitung kulineran. Ini membuat beberapa pengunjung rekreasi suka dan ingin kembali lagi ke beberapa daerah di Jawa Barat. Kita dapat menyaksikan ketidaksamaan kulineran ciri khas Jawa Barat dengan wilayah lain. Seperti berbahan baku dan rasa yang memakai sayur mentah, menguasai ikan, dan rasa pedas dan asam. Ini kali www.javatravel.net punyai referensi makanan ciri khas Jawa Barat yang tidak bisa kamu terlewat dan harus kamu coba!


1. Batagor

Batagor ialah ringkasan dari bakso, tahu, dan goreng yang dihidangkan dengan bumbu kacang yang dibuat dari kacang tanah, cabe, dan bawang putih. Makanan ciri khas Jawa Barat ini terhitung yang terpopuler, khususnya di Bandung. Rasanya yang begitu enak dan harga yang murah membuat orang benar-benar menyenangi kulineran sedap yang ini. Batagor dibuat dari tepung tapioka yang dimasak berwujud bundar serupa bakso. Tetapi umumnya ada tambahan tahu pada sebuah jatah yang dipotong seperti dadu. Bila ingin dibawa pulang sebagai oleh-olehan, Anda masih tetap dapat menikmatinya dengan beli batagor beku yang nanti dapat Anda goreng sendiri di dalam rumah.


2. Rujak Cuka

Rujak, salah satunya makanan Indonesia yang sehat karena berisi buah-buahan. Walau demikian, makanan yang ini sebagai makanan ciri khas Jawa Barat. Olahan salad sayur sampai buah dengan beragam seperti rasa asam, pedas, dan manis digabung menjadi satu pada sebuah jatah Cuka Rujak. Kuah asam jawa yang lebih cair dari rujak biasanya dibikin dari bumbu lembut dengan cabe merah, cabe keriting merah, terasi, garam, dan ebi kering.


3. Peuyeum

Makanan ciri khas Jawa Barat yang lain ialah peuyeum. Teksturnya nyaris serupa dengan tape yang dapat kamu dapatkan di wilayah lain, perbedaannya peuyeum lebih encer dan sedikit encer. Peuyeum dipanggil jajan sejuta umat karena dicintai beberapa orang, karena harga yang murah, nikmat, dan bertahan lama. Anda dapat memperolehnya secara mudah karena umumnya banyak yang menjualnya sebagai oleh-olehan dari Bandung. Selainnya dibuat dari singkong, ada pula peuyeum yang dibuat dari beras ketan yang difermentasi seperti umumnya peuyeum yang umum kita temui.


4. Surabi

Makanan ciri khas Jawa Barat ini dibuat dari olahan adonan tepung beras yang diolah di atas kompor saat pagi hari. Karena diolah dengan kompor memberi cita-rasa yang unik dan membuat kue ini berlainan dengan kulineran ciri khas yang lain.


5. Ongol-ongol

Ongol-ongol digolongkan sebagai makanan ciri khas Jawa Barat karena wujud dan namanya yang unik. Kue ini berwujud kubus yang dibuntel kelapa parut dengan struktur kenyal, manis, renyah, dan warna cokelat. Kabarnya kue ini telah ada semenjak tahun 1200-an. Kue yang dibuat dari tepung singkong dan hunkue ini harus dicoba bila Anda bertandang ke Jawa Barat sisi utara, seperti Indramayu dan Cirebon.


6. Gepuk Daging

Daging gepuk sebagai makanan ciri khas Jawa Barat yang cukup terkenal dan harus Anda cicip saat bertandang ke wilayah ini. Sesuai namanya yang unik, gepuk dibuat dari potongan tipis daging sapi yang dipukul atau ditumbuk sampai rata. Selanjutnya diolah dengan bumbu dengan rasa yang manis. Sesudah daging diberi bumbu, daging diungkep sampai bumbu menyerap ke tiap serat daging. Daging yang diolah mempunyai struktur yang halus hingga mempermudah orang yang mengkonsumsinya. Sesudah memperoleh daging yang memiliki tekstur halus, empal akan dimasak sampai kering, atau dapat dimakan langsung tak perlu dimasak kembali.


7. Jojorong

Seterusnya, makanan ciri khas Jawa Barat yang unik dan buat suka sesudah dikonsumsi ialah Jojorong. Kue jojorong dibuat dari tepung kanji, tepung beras, berisi gula merah cair. Sepintas jajan ini serupa dengan puding, perbedaannya kue jojorong ini lebih empuk plus tambahan santan di atasnya. Kue yang ada dalam daun pisang imut ini cukup terkenal di wilayah Rangkasbitung, Banten. Teksturnya yang basah dan lekat membuat kue ini tidak kuat lama, jadi tidak dapat diletakkan kelamaan.


8. Mi Kocok

Anda dapat secara mudah mendapatinya di wilayah Badung, Jawa Barat. Mie ini sebagai Kuliner Khas Surabaya yang cukup unik karena pemrosesannya. Dibuat dari mie kuning, tauge, dan bakso yang disiram kuah kaldu sapi. Umumnya mie kocok dikonsumsi plus tambahan daun seledri, daun bawang, dan bawang goreng. Sesuai namanya, pada proses mengolah mie ini harus dikocak dalam tempat khusus yang di celupkan ke air panas. Mie yang dipakai ialah mi kuning sama ukuran rata dan struktur halus. Anda dapat menambah kecap manis dan sauce sambal ke kaldu supaya rasanya lebih nikmat saat mengkonsumsinya.


9. Cuanki

Cuanki memang serupa dengan bakso Malang atau bakwan Kawi. Satu jatah terbagi dalam aci, siomay, bakso, siomay rebus, siomay goreng, dan siomay goreng. Selanjutnya semua digabung pada sebuah mangkok yang dihidangkan bersama dengan kuah kaldu panas yang cukup fresh.


10. Cireng

Makanan ciri khas Jawa Barat yang dibuat dari tepung kanji yang dimasak selanjutnya dihidangkan dengan kuah. Cireng benar-benar disukai beberapa orang karena rasanya yang renyah, kenyal, dan sedap. Benar-benar gampang diketemukan di sejauh lajur rekreasi di kota Bandung. Karena bertahan lama, Anda dapat jadikan cireng sebagai opsi bila ingin bawa oleh-olehan. Tidak itu saja, sekarang ada banyak macam, sama seperti yang asli, atau cireng salju dan krupuk cireng yang dipadankan dengan bumbu atau sauce rujak. Umumnya cireng ini dipasarkan pada harga yang bervariatif, dimulai dari Rp. 7 ribu jadi Rp. 21 ribu per paket. Begitu daftar makanan ciri khas Jawa Barat, makanan apa yang hendak Anda mencari pertama kalinya? apa kamu telah tentukan opsimu?

S
Sea Ackerley

Sea Ackerley

More actions